Teaching and Learning Festival 2019 Banjarmasin

Banjarmasin, HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services) sukses menyelenggarakan Teaching and Learning Festival 2019 bertajuk “Membangun Kemampuan Thinking Design dengan Pembelajaran Kontekstual untuk Menyambut Era Society 5.0”. Kali ini acara diselenggarakan di dua tempat, yakni Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin dan Nurhayati Building SMP GIBS Batola, Minggu 17/11/2019 dan Senin, 18/11/2019.

Acara tersebut mengundang setidaknya 300 peserta yang terdiri atas kepala sekolah, guru, praktisi pendidikan serta mahasiswa(i) se-Kalimantan Selatan. Turut hadir juga ketua Dewan Pengawas YHC, Bapak Drs. Nasib Alamsyah dan SKPD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Acara ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Asisten Bid. Perekonomian dan Pembangunan, Ibu Hanifah Dwi Nirwana, S.P, M.P. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Wakil Direktur HAFECS, Bapak Danang Bagus Yudistira, M.Sc.

Pada hari pertama, acara diisi dengan kegiatan seminar dan workshop yang dibawakan oleh Keynote Speakers dan Workshop Speakers dari dalam dan luar daerah Kalsel, seperti Bapak Dr. Anuncius Gumawang dan Dr, Tatang Suratno, M.Pd. Hal ini dilakukan agar para peserta mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana kondisi pendidikan di era 4.0 ini dan bagaimana menghadapi era society 5.0. Sedangkan para keynotes speaker dan workshop speakers lainnya ialah Bapak Dr. (Cand) Zulfikar Alimuddin, M.M, Drs. H.M Hatta, M.AP, Sirajuddin Kamal, M.Ed, Ph.D (Cand) dan M.T Hidayat, S.Si.

Sesi workshop diawali dengan penyampaian materi oleh Bapak Dr. (Cand) Zulfikar Alimuddin, M.M. Para guru seharusnya memiliki kompetensi dalam mengembangkan pengajarannya, guru perlu mengubah cara pengajarannya lebih efektif dengan menggunakan PCK (Pedagogical Content Knowledge). Hal tersebut diyakini beliau karena pengajaran terukur dan terstruktur yang ada di dalam PCK merupakan hal yang dapat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif.

Selanjutnya, workshop kedua dan seterusnya diisi oleh para Workshop Speakers seperti Bapak Dr. Gumawang Jati, Dr. Tatang Suratno, M.Pd, dan M.T Hidayat, S.Si. Tiap pembicara memberikan paparannya sesuai dengan latar belakang yang mereka miliki. Usai itu, peserta diajak untuk bertanya agar workshop yang dilaksanakan menjadi lebih komunikatif.

Pada hari kedua pelaksanaan Teaching and Learning Festival 2019 diselenggarakan di gedung auditorium Nurhayati SMP GIBS Batola. Acara ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri atas guru disekitar wilayah Banjarmasin. Sesi pertama diisi oleh pemateri Bapak M.T Hidayat, S.Si selaku Kepala Sekolah SMA GIBS. Selanjutnya, sesi kedua dan ketiga adalah observasi kelas dan tur sekolah. Pada sesi ini, para guru diajak untuk melihat secara langsung praktik pengajaran yang dikembangkan HAFECS di SMP-SMA GIBS dengan menggunakan PCK. Usai itu, para guru diajak untuk berdiskusi tentang apa yang mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

Teaching and Learning Festival pertama di Kalimantan Selatan telah selesai diselenggarakan HAFECS pada tahun ini. Namun kedepannya akan terus ada kegiatan-kegiatan serupa yang bertujuan untuk terus memberikan pengetahuan tambahan kepada para praktisi pendidikan agar pengetahuan dalam bidang pendidikan dapat terus meningkat. (galih/yhc)

You May Also Like

Selamat atas Pengangkatan DDL & VDDL SMP-SMA GIBS

Yayasan Hasnur Centre Menggelar Bakti Sosial Di Hari Ulang Tahun Ke-10

Seluruh Siswi dan Pendamping Immersion Program SMA GIBS Negatif Covid-19

Padukan Materi dengan Ice Breaking, Tim Antar Raya Ajarkan Materi kenampakan Alam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *