Bersama Muda Banua Sungai Salai Hulu dan Sungai Pitung Mewujudkan Indonesia Maju dengan Generasi Unggul

Merdeka!!!. Itulah kata yang sering kita ucapkan dan kita dengarkan di bulan Agustus ini. Tanggal 17 Agustus merupakan moment bersejarah bagi rakyat Indonesia karena hari tersebut adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Negara Indonesia. Sejarah telah mencatat proklamir kemerdekaan Indonesia tepat pada hari Jumat tanggal 17 Ramadhan pukul 10.00 WIB. Tahun 2017 ini bangsa Indonesia memperingati 74 tahun kemerdekaannya.

Meriahnya bulan kemerdekaan bisa kita lihat dan rasakan bersama. Gotong royong warga kampung untuk mengibarkan bendera pusaka merah putih sudah dipasang sejak awal bulan Agustus ini. Berbagai lomba untuk memeriahkan kemerdekaan digelar dan dirayakan. Dari lomba anak kecil, dewasa, bapak-bapak ibu-ibu sampai orang tua turut serta didalamnya.

Minggu 25 Agustus 2019, tim Pemuda Bakti Banua Desa Sungai Salai Hulu turut serta menyemarakkan perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang Ke-74 kegiatan ini berlangsung pada  tanggal 25 Agustus tepatnya di Desa Sungai Salai Hulu Kecamatan Candi Laras Utara. Kegiatan ini berlangsung sejak pagi minggu dimulai dengan melaksanakan senam sehat di depan Balai Desa yang mana peserta senam sehat ini merupakan anak-anak sekitar yang mengikuti perlombaan dalam rangka peringatan hari kemerdekaan RI.

Kegiatan Senam Sehat di Sungai Salai Hulu

Setelah kegiatan senam selesai, dilanjutkan pada kegiatan inti yaitu beberapa perlombaan yang sudah disiapkan oleh tim muda banua beberapa perlombaan tersebut diantaranya ada lomba balap karung, lomba kelereng, lomba mewarna, lomba menggambar, lomba rangking 1 dan lomba adzan. Adapun dalam peringatan event ini turut serta di hadiri langsung oleh H. Parianata, S.AP,M.M selaku bapak Camat Kec. Candi Laras Utara.

Lomba Balap Karung di Sungai Salai Hulu
Lomba Adzan di Sungai Salai Hulu

Semarak mengikuti perlombaan pun tak kalah dengan antusiasme anak-anak dalam mengikuti rangkaian kegiatan sampai dengan selesai. Kemeriahan perlombaan ini juga semakin bertambah kala sesi pembagian hadiah di penghujung acara yang diberikan langsung oleh kakak panitia dari muda banua.

Proses Penyerahan Hadiah di Sungai Salai Hulu

Begitu pula yang terdapat di desa Sungai Pitung, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Euforia HUT Ke-74 RI menjalar kepada semua warga Sungai Pitung. Berbagai lomba diselenggarakan, mulai dari lomba untuk anak-anak yaitu ada lomba cerdas cermat, lomba mewarnai, dan lomba balap karung, lomba kelereng.

Adapun lomba untuk ibu-ibu yaitu lomba tarik tambang, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba makan kerupuk, lomba Undang-undang 1945 dan lomba menggapit balon.

Lomba Makan Kerupuk di Sungai Pitung
Lomba Kelereng di Sungai Pitung

Dengan dihadari kepala desa Sungai Pitung, dan masyarakat desa diharapkan kegiataan ini dapat memperkokoh silaturahmi sesuai dengan tema kegiatan tersebut yaitu “Menjalin Kebersamaan Antar Generasi untuk Meningkatkan Semangat Nasionalisme melalui Peringatan HUT RI ke 74 Guna Mencapai Kebersamaan dan persaudaraan di Sungai Pitung”.

You May Also Like

Peran Guru, Sekolah dan Orang Tua untuk Menciptakan Pendidikan yang Lebih Berkualitas

Menerjang Banjir Dan Menyalurkan Bantuan, Hasnur Group Melalui Yayasan Hasnur Centre Berkolaborasi Membantu Banua

Selamat atas Pengangkatan DDL & VDDL SMP-SMA GIBS

Yayasan Hasnur Centre Menggelar Bakti Sosial Di Hari Ulang Tahun Ke-10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *