Tradisi Gema Muharram, YHC Dorong Anak Yatim Berprestasi

Memasuki tahun baru Islam 1446 Hijriyah, bulan Muharram yang juga disebut sebagai Hari Raya Anak Yatim, Yayasan Hasnur Centre melalui unit Pemuda Bakti Banua menggelar acara tahunan bertajuk Gema Muharram di Panti Asuhan Sentosa Banjarmasin, Sabtu (20/07/24). Acara ini turut dihadiri oleh 130 anak-anak dari 16 panti asuhan se-Kota Banjarmasin.

Acara Gema Muharram dihadiri oleh perwakilan BAZNAS Kalimantan Selatan, UPZ Bakti Bersama, Sekretaris Umum dan pimpinan unit kerja di bawah naungan Yayasan Hasnur Centre, para relawan binaan Pemuda Bakti Banua dan UPZ Bakti Bersama, serta pengurus 16 panti asuhan se-Kota Banjarmasin.

Kegiatan Gema Muharram diawali dengan pembukaan, lalu pemberian penghargaan bagi mitra dan sponsor, penampilan Dongeng Islami Kak Jojo dan Boneka Udin Kakulak, serta pemberian santunan dan hadiah. Acara berikutnya yakni Perlombaan Islami. Ada empat lomba yang diikuti anak-anak, yakni lomba mewarnai, ranking 1, sambung ayat, dan lomba adzan. Acara ditutup dengan penampilan hiburan badut dan sulap, lalu penyerahan hadiah untuk pemenang lomba.

“Gema Muharram kali ini mengangkat tema Menggemakan Tahun Baru Islam Melalui Prestasi dan Karya, jadi kita ingin adik-adik semua tidak merasa berkecil hati, adik-adik harus tetap berprestasi. Dengan ajang kegiatan dan lomba-lomba ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi adik-adik untuk terus berkarya dan berprestasi, baik itu di sekolah maupun saat mengikuti lomba-lomba lainnya,” tutur Sekretaris Umum Yayasan Hasnur Centre, Nina Richi Tresy Putri.

“YHC juga berbagi sedikit rezeki bagi adik-adik berupa tas, peralatan sekolah, serta santunan uang tunai dari Ketua Umum YHC Ibu Nila Susanti Sulaiman dan UPZ Bakti Bersama. Kita berharap agenda ini akan terus dilaksanakan reguler di setiap tahunnya, supaya dapat menambah rasa syukur kita,” imbuhnya.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Koordinator Pemuda Bakti Banua, Wawan Prasetyo. Meski anak-anak tinggal di panti asuhan, tidak menutup kesempatan bagi mereka untuk berprestasi.

“Semoga program ini memberikan manfaat bagi anak-anak untuk terus bersemangat mengukir prestasi dan berkarya, serta menjadi simpul kerja sama bagi berbagai lembaga untuk menyebarkan dampak yang lebih luas,” tukas Wawan.

You May Also Like

Desa Inovatif Sabet Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Barito Kuala

Tere Liye Nyalakan Obor Literasi di Banua Litera Fair 2024 SMP-SMA GIBS

SMP IT An-Nur Budayakan Daur Ulang Kertas untuk Masa Depan Lingkungan

Ratusan Masyarakat Desa Shabah Rasakan Manfaat Bulan Kesehatan VII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *