HC Academy: Budaya Belajar bagi Karyawan Yayasan Hasnur Centre

Salah satu upaya Yayasan Hasnur Centre (YHC) untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia di lingkungan yayasan, HR Department kini resmi memperkenalkan program HC Academy, yaitu upaya peningkatan kompetensi dan membangun budaya learning and sharing antar karyawan, serta peningkatan aktualisasi diri.

Adapun bentuk pelaksanaan HC Academy yaitu seperti program coaching, diikuti oleh seluruh karyawan Yayasan Hasnur Centre secara virtual melalui media Zoom. Sesi ini digelar setiap 2 minggu sekali, pada Kamis malam pukul 20.00 WITA untuk level pimpinan, deputy/direktur, vice deputy, Head of Department, dan seluruh tim HAFECS. Kemudian, ada sesi khusus untuk seluruh karyawan, yakni pada Jumat siang, mulai pukul 14.00 WIB.

HC Academy digelar dengan tujuan untuk membangun budaya learning dan sharing seluruh karyawan di bawah naungan Yayasan Hasnur Centre, khususnya untuk mendukung aktualisasi diri, baik untuk upgrade kemampuan diri sendiri atau untuk mendukung pekerjaannya, sesuai posisi masing-masing karyawan.

“Kita memberikan falisitas training atau webinar, sharing tema-tema umum, termasuk soal parenting, dan kami mendukung apa saja yang dibutuhkan karyawan di setiap lembaga. Jadi, tema-temanya sangat menarik, sehingga kita ingin membangun budaya belajar dari setiap karyawan, tidak terbatas, termasuk security, cleaning services, dan sebagainya, kita undang di sesi hari Jumat,” jelas Head of HR Department, Nina Richi Tresy Putri.

Menariknya, dalam HC Academy, hanya ada seorang fasilitator untuk mengarahkan jalannya acara, namun tidak ada pemateri dan sistem senior-junior, sehingga membuka peluang bagi siapa saja untuk sharing dan membagikan ilmu serta pengalamannya kepada karyawan lain.

“Kita juga ingin mengembangkan skill-skill SDM kita, membangun kepercayaan diri mereka, belajar untuk berbagi, tidak hanya untuk diri sendiri, tapi training dan ilmu-ilmu yang didapat bisa dibagi ke teman-teman yang lain, kita belajar dari waktu ke waktu secara berkala. Siapa yang ingin berbagi, punya pengalaman, bisa dibagikan ke teman-teman yang lain,” lanjut Nina.

Tak sampai di sana, HR Department juga memberikan akses Learning Management System (LMS) yang bisa digunakan setiap karyawan untuk menuliskan Kembali apa saja hal yang ia dapat selama mengikuti sesi sharing di HC Academy. Nantinya, tulisan tersebut akan menjadi masukan bagi Yayasan Hasnur Centre, sekaligus menjadi salah satu bentuk penilaian performa karyawan. “Nggak hanya sekadar sharing, setiap karyawan atau pimpinan juga akan membuat tulisan berupa paper, mereka bisa menuangkan ide atau gagasan, yang ada korelasi dengan topik atau tema yang disampaikan, kemudian upload di LMS. Nanti tim HC Academy akan melihat dan menganalisis, supaya kita bisa melihat ide atau gagasan yang masuk secara tidak langsung dari teman-teman karyawan, dan sebagai salah satu penilaian performa tahunan, siapa karyawan yang punya keahlian melihat lembaga ke depan,” pungkasnya.

You May Also Like

Desa Inovatif Sabet Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Barito Kuala

Tere Liye Nyalakan Obor Literasi di Banua Litera Fair 2024 SMP-SMA GIBS

SMP IT An-Nur Budayakan Daur Ulang Kertas untuk Masa Depan Lingkungan

Ratusan Masyarakat Desa Shabah Rasakan Manfaat Bulan Kesehatan VII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *