Peduli Autisme, SMP-SMA GIBS Gelar Kindness Festival 2022

Guna memperingati Hari Autisme Sedunia yang jatuh pada 2 April 2022, SMP-SMA Global Islamic Boarding School (GIBS) menggelar GIBS Kindness Festival and World Autism Awareness Day 2022. Dalam agenda tersebut, GIBS menggelar berbagai lomba dan kegiatan, baik untuk siswa-siswi GIBS, maupun penyandang autisme di luar lingkungan sekolah.

SMP-SMA GIBS merupakan sekolah inklusif yang merangkul seluruh siswa, termasuk siswa penyandang autisme. Guna memberi fasilitas terbaik, GIBS membuka layanan Special Education Services (SES). Siswa yang didagnosa memiliki kebutuhan khusus (special needs) secara klinis akan diberi pendampingan oleh mentor dan shadow teacher.

GIBS Kindness Festival dilangsungkan di lingkungan sekolah SMP-SMA GIBS sejak 28 Maret 2022 hingga 2 April 2022. Terdapat berbagai lomba yang dilangsungkan, diantaranya lomba catur, Scrabble, rubrik, futsal, basket, menggambar, melukis, balap karung, bakiak, lomba kelereng, ranking 1, english speech, english debate, arabic speech, tahfidz, qiro’atil Qur’an, dan juga tilawatil Qur’an.

Selain lomba di atas, masih ada lomba yang terbuka untuk penyandang autisme di luar lingkungan sekolah GIBS, yaitu lomba mewarnai dan GIBS Got Talent. Lomba ini terbuka untuk siapa saja penyandang autisme di seluruh Kalimantan, dan tidak memiliki batasan usia. Informasi lebih lanjut terkait agenda ini dapat disimak melalui akun Instagram @smpsmagibs.

Salah satu rangkaian acara GIBS Kindness Festival adalah penampilan dari Muhammad Rayhan Iftikar, alumni SMP-SMA GIBS yang merupakan penyandang autisme, tapi kini Rayhan bisa menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), jurusan Manajemen Pemasaran.

“Kegiatan World Autism Awareness Day yang diperingati secara global ini telah menjadi kegiatan tahunan di SMP-SMA GIBS. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan  kesadaran kita semua, bahwa individu dengan penyandang autisme dapat bertumbuh secara baik bersama individu-individu lainnya, untuk sukses dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Head of Department Special Education Services GIBS dan ketua acara GIBS Kindness Festival, Muhammad Mustain.

You May Also Like

Desa Inovatif Sabet Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Barito Kuala

Tere Liye Nyalakan Obor Literasi di Banua Litera Fair 2024 SMP-SMA GIBS

SMP IT An-Nur Budayakan Daur Ulang Kertas untuk Masa Depan Lingkungan

Ratusan Masyarakat Desa Shabah Rasakan Manfaat Bulan Kesehatan VII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *