Welcoming Day GIBS: Mimpi Founder Wujudkan Generasi Emas Banua

SMP-SMA Global Islamic Boarding School melakukan penyambutan siswa-siswi baru atau disebut sebagai Welcoming Day GIBS 2024, yang mengangkat tema The Journey Begins: Embracing Change and Growth, Kamis (27/06/2024) di Sports Indoor GIBS. SMA GIBS kini sudah mencapai angkatan ke-13, sementara SMP GIBS angkatan ke-10.

Turut berhadir dalam sesi Welcoming Day GIBS, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala, Ketua MKKS SMA Barito Kuala, Direktur Eksekutif Yayasan Hasnur Centre Dr. Zulfikar Alimuddin, Direktur Kerja Sama YHC Hairansyah, sejumlah Pengurus Yayasan Hasnur Centre, termasuk Kepala Unit di bawah naungan Yayasan Hasnur Centre.

Ratusan siswa-siswi baru di tingkat SMP dan SMA diantarkan oleh orang tuanya, untuk kemudian menetap di asrama. Sepanjang bulan Juli, mereka akan mengikuti orientasi siswa baru atau yang disebut sebagai Himmah Program. Mereka juga akan menggelar bakti sosial, bekerja sama dengan siswa-siswi yang tergabung di Community Based Project (CBP).

“Filosofi pendidikan kami di GIBS adalah membersamai setiap orang untuk tahapan kehidupan selanjutnya. Yang SMP tahapan selanjutnya SMA, yang SMA tahapan selanjutnya kuliah, bekerja, bermasyarakat, dan seterusnya. Visi kami adalah membentuk generasi Muslim yang tangguh, dan tagline kita Where Everyone Can Grow, kita membangun budaya bahwa setiap orang bisa bertumbuh,” jelas Deputy Director in Learning GIBS, Rijali Riyadi dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif YHC sekaligus Direktur GIBS, Dr. Zulfikar Alimuddin menuturkan mimpi besar founder YHC, H. Abdussamad Sulaiman HB ketika mendirikan sekolah berasrama tersebut.

“Mimpi almarhum Haji Abdussamad Sulaiman yang membuat beliau meskipun tidak tamat SMP, bangkrut tiga kali, mungkin tidak pernah ada Kompleks SMP-SMA GIBS ini kalau tahun 2010 beliau menjual seluruh asetnya karena bangkrut. Kenapa tidak dijual saja? Kain itu sampai diikat di kepala, mungkin kalau bisa pecah kepala, betapa besarnya beban utang pada waktu itu,” kenang Zulfikar.

“Kata beliau: Buat saya mudah melepasnya, lepas masalah saya, tetapi tidak ada buat kalian dan masa depan Banua. Alhamdulillah saat ini dari GIBS dan Yayasan Hasnur Centre sudah muncul ratusan pemuda-pemuda hebat,” lanjut Zulfikar, sembari memperkenalkan sejumlah alumni yang turut berhadir di acara Welcoming Day GIBS.

Melihat solidaritas siswa hingga alumni, kualitas guru dan tenaga pendidik, serta jejak prestasi yang sudah diraih, para orang tua siswa dan siswa baru mengaku antusias menjadi keluarga besar GIBS.

“Terima kasih kepada pihak sekolah dan Yayasan Hasnur Centre yang telah menerima kami di SMP-SMA GIBS dan memberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di sini. Kami merasa sangat terhormat dan bangga bisa menjadi bagian dari sekolah yang memiliki reputasi dan prestasi yang gemilang ini,” ucap salah satu siswa baru, I Gusti Andra Wijaya Dharma, alumni SMP Negeri 1 Selat Kuala Kapuas yang meraih Beasiswa Parsial di GIBS.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya karena anak saya dari Samarinda bisa sekolah di sini. Orang tua secara psikologi tentu merasa khawatir anak saya lulusan SD harus dititipkan di boarding school, tapi dengan segala visi-misi, dengan segala prestasi yang sudah diemban oleh GIBS, kami percaya anak-anak kami akan menjadi generasi penerus yang brilian,” timpal salah satu perwakilan orang tua siswa baru GIBS, Dindin Makinudin, S.P., M.P.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa penuh dari Pemerintah Kabupaten Barito Kuala kepada 4 siswa baru, beasiswa penuh dari Yayasan Hasnur Centre kepada 8 siswa baru, dan beasiswa parsial dari Yayasan Hasnur Centre kepada 24 siswa baru di tingkat SMP dan SMA.

Acara ditutup dengan prosesi sungkeman dari siswa kepada orang tua masing-masing, sebelum mereka masuk ke asrama dan mengikuti orientasi siswa baru atau Himmah Program SMP-SMA GIBS tahun 2024.

You May Also Like

Desa Inovatif Sabet Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Barito Kuala

Tere Liye Nyalakan Obor Literasi di Banua Litera Fair 2024 SMP-SMA GIBS

HUT Hasnur Group, YHC Persembahkan Sasirangan Penuh Makna di Closing BLAS Festival 2024

BLAS Festival 2024 Resmi Dibuka, Refleksi Perjalanan Hasnur Group Membangun Generasi Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *