UPZ Bakti Bersama Sukses Duplikasi Program Rumah Layak Huni, Program Prioritas Baznas RI

Setelah mendapat sambutan positif pada program Bedah Rumah tahun 2023 lalu, UPZ Bakti Bersama kembali melanjutkan program Rumah Layak Huni (RLH) pada tahun 2024 ini secara masif. Program Rumah Layak Huni merupakan program bantuan pembangunan atau renovasi rumah yang diselenggarakan oleh UPZ Bakti Bersama bekerja sama dengan BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Program RLH digagas secara bersama dan didukung oleh BAZNAS Provinsi Kalsel untuk perluasan kebermanfaatan program. Program ini menjadi salah satu program utama UPZ Bakti Bersama untuk mendukung pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

“Pada tahun 2024 ditargetkan sebanyak 12 buah rumah yang akan mendapatkan program RLH, alhamdulillah sudah terealisasi sebanyak 6 buah rumah di wilayah Barito Kuala, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Di antaranya adalah 2 buah rumah di Desa Inovatif yang diresmikan pada hari ini,” tutur Ketua Harian UPZ Bakti Bersama, Marhusin, Senin (15/07/2024).

Pada Momentum HUT Ke-14 Yayasan Hasnur Centre, UPZ Bakti Bersama melakukan peresmian dua buah Rumah Layak Huni yang berada di Desa Inovatif. Adapun dua Mustahik yang mendapatkan bantuan yakni Ibu Fatma dari Desa Beringin dan Ibu Jum’ah dari Desa Sungai Pitung, Kabupaten Barito Kuala. Keduanya mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak, baik dari aspek kesehatan, keselamatan, dan lain-lain.

“Peresmian Rumah Layak Huni atau Bedah Rumah ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian HUT YHC yang ke-14 tahun, dan untuk sesi peresmian ini dihadiri oleh UPZ Bakti Bersama, Yayasan Hasnur Centre dan unit-unit di bawahnya seperti Pemuda Bakti Banua, Desa Inovatif, ada juga perwakilan BAZNAS Kalsel, Kepala Desa dan warga setempat,” tutur Sekretaris Umum Yayasan Hasnur Centre, Nina Richi Tresy Putri.

“Peresmian rumah yang pertama atas nama Ibu Fatma di Desa Beringin, dan peresmian kedua atas nama Ibu Jum’ah di Desa Sungai Pitung. Semoga implementasi program ini memberikan dampak kebermanfaatan untuk Mustahik yang dibantu, dan keberkahan kepada Muzzaki,” timpal Ketua UPZ Bakti Bersama, Ustadz Maulana.

Program Bedah Rumah atau Rumah Layak Huni UPZ Bakti Bersama mendapat sambutan positif dari perangkat desa dan masyarakat setempat. Pasalnya, pihak desa memiliki keterbatasan dalam mewujudkan program serupa, padahal masih banyak warga yang memerlukan rumah layak huni.

“Alhamdulilllah kami dari Desa Sungai Pitung sangat terbantukan dengan adanya program Rumah Layak Huni untuk membantu masyarakat desa yang kondisi rumahnya tidak layak huni. Program dari dana desa setahun teralokasi hanya satu rumah, sedangkan realisasinya masih bayak warga kita yang membutuhkan bantuan, di mana kondisi rumahnya kurang layak,” tutur Kepala Desa Sungai Pitung, Fahmi.

“Kami dari aparat Desa Sungai Pitung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UPZ Bakti Bersama dan BAZNAS Kalsel yang telah menyalurkan bantuan program Rumah Layak Huni di Desa Sungai Pitung, yang juga merupakan Desa Inovatif dari Yayasan Hasnur Centre, khususnya dalam momentum HUT Yayasan Hasnur Centre yang ke-14 ini,” tukas Fahmi.

You May Also Like

Desa Inovatif Sabet Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Barito Kuala

Tere Liye Nyalakan Obor Literasi di Banua Litera Fair 2024 SMP-SMA GIBS

SMP IT An-Nur Budayakan Daur Ulang Kertas untuk Masa Depan Lingkungan

Ratusan Masyarakat Desa Shabah Rasakan Manfaat Bulan Kesehatan VII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *