RCAC Politeknik Hasnur, Ajang Kompetisi Relawan Muda PMI dan PMR Resmi Dibuka

Perlombaan Red Cross Action Camp (RCAC) oleh Korps Sukarela (KSR) PMI Politeknik Hasnur resmi dibuka pada Jumat (23/08/2024) petang di lapangan utama Kampus 1 Politeknik Hasnur, Alalak, Barito Kuala. RCAC merupakan perlombaan PMR di tingkat Madya (SMP), Wira (SMA), dan KSR tingkat perguruan tinggi serta kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

Hadir dalam sesi pembukaan, Pelatih Utama Pertolongan Pertama PMI Pusat Andi Iwan Prasetya, Ketua PMI Kalimantan Selatan yang diwakili Bidang Relawan dan PMR Eddy Wahyudin, Ketua PMI Barito Kuala yang diwakili Kepala Markas Budi Arip, Direktur Eksekutif Yayasan Hasnur Centre Zulfikar Alimuddin, Direktur Pengembangan Program YHC Sutarto Hadi, Direktur Kerjasama YHC Hairansyah, serta kepala unit di bawah naungan YHC dan perwakilan sponsor.

Direktur Politeknik Hasnur, Tesdiq Prigel Kaloka memberikan apresiasi pada KSR PMI Polihasnur yang sukses menggelar RCAC 2024 meskipun belum satu tahun diresmikan.

“UKM KSR Politeknik Hasnur ini berdiri belum genap satu tahun, tapi hari ini teman-teman sudah berhasil melaksanakan kegiatan yang jumlah pesertanya 448 orang, terdiri dari 16 tim tingkat SMA, 7 tim tingkat SMP, dan 8 tim KSR tingkat perguruan tinggi dan tingkat kota/kabupaten se-Kalimantan Selatan,” ucap Tesdiq.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Hasnur Centre Zulfikar Alimuddin mengaku terharu melihat generasi muda yang sudah memiliki jiwa kemanusiaan dengan menjadi anggota PMR dan relawan PMI. Ia berharap generasi muda ini yang membawa masa depan Indonesia ke arah yang lebih baik.

“PMI adalah Pembangun Manusia Indonesia. Ke depan, kalian bukan hanya hadir untuk menyelamatkan nyawa manusia, tapi kalian hadir untuk melanjutkan, membangun manusia itu. Mindset yang harus kalian tanamkan, bahwa kalian melakukan suatu kebaikan tidak berhenti pada penyelesaian masalah di hari itu saja, tetapi bagaimana kamu menyelamatkan orang lain agar mereka bisa membangun, otomatis kamu membangun diri kamu sendiri,” pesan Zulfikar.

Perlombaan Red Cross Action Camp berlangsung selama tiga hari pada 23-25 Agustus 2024. Beberapa lomba yang menjadi sorotan utama adalah lomba Pertolongan Pertama, Tandu Cepat, Traveling Kepalangmerahan, RCA Ambassador, dan lomba Jurnalistik. Selain lomba, juga ada sejumlah pelatihan dan pameran karya, mengingat RCAC mengusung tiga pilar utama, yakni Education, Exhibition, dan Competition.

Lomba tingkat Wira diikuti oleh SMA GIBS, SMAN 1 Marabahan, SMKN 2 Marabahan, SMAN 1 Jejangkit, MAN 4 Barito Kuala, SMKN 1 Banjarmasin, SMKN 2 Banjarmasin, MAN Kota Banjarbaru, SMAN 1 Pelaihari, SMAN 1 Bati-Bati, MAN 3 Tapin, SMAN 1 Piani, serta MAN Kapuas.

Lomba tingkat Mula diikuti oleh SMPN 4 Marabahan, MTsN 5 Barito Kuala, SMPN 1 Anjir Pasar, SMPN 1 Sungai Tabuk, SMPN 9 Banjarmasin, dan SMPN 9 Banjarbaru. Ada pula peserta lomba pertolongan pertama di tingkat KSR, yakni KSR PMI Kota Banjarmasin, KSR PMI Kabupaten Tapin, KSR PMI Sub Unit ULM Banjarmasin, KSR PMI Sub Unit ULM Banjarbaru, dan KSR PMI Unit Uniska.

You May Also Like

Desa Inovatif Sabet Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Barito Kuala

Tere Liye Nyalakan Obor Literasi di Banua Litera Fair 2024 SMP-SMA GIBS

SMP IT An-Nur Budayakan Daur Ulang Kertas untuk Masa Depan Lingkungan

Ratusan Masyarakat Desa Shabah Rasakan Manfaat Bulan Kesehatan VII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *